Aplikasi Kawal Pilkada dan Manajemen Relawan

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terobosan Baru, Tanaman Sawit Bisa Dibuat Gula Aren

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 15 Juli 2019 - 10:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Tanaman sawit yang kerap dituding sebagai salah satu pemicu deforestasi, ternyata memiliki potensi lain menghasilkan produk yang bermanfaat selain minyak nabati. 

Adalah Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Wilayah Aceh yang mulai mengembangkan gula aren yang diolah dari air nira yang berasal dari tanaman kelapa sawit.

"Kami tertarik dengan program replanting terutama terhadap inovasi yang dilakukan Distanbun Provinsi Aceh yang telah melakukan produksi dan pengembangan gula merah dari nira kelapa sawit," kata Ketua ISMI Provinsi Aceh, Nurchalis, di Meulaboh, akhir pekan lalu.

Berdasarkan informasi yang ia peroleh, potensi ekonomi gula aren dari tanaman kelapa sawit, perbandingannya yakni satu batang pohon kelapa sawit bisa menghasilkan 3-20 liter nira per hari per batang, dan bisa berlangsung selama selama 1-3 bulan.

Banyaknya nira dan lamanya keluar air nira tergantung dari sehat tidaknya pohon tersebut ketika tumbuh, lokasi sumber air, umur tanaman dan berbagai indikator lainnya.

Bila kita ambil rata-rata per hari 5 liter selama 2 bulan, maka akan menghasilkan nira sebanyak 300 liter. Dari 300 liter bisa menghasilkan gula sebanyak 60 kg (rendemen sekitar 20 persen) dikali Rp10.000 saja per kilogram, maka bisa menghasilkan Rp60 juta per hektare per 2 bulan.

Inovasi gula aren dikembangkan oleh Kadistanbun Aceh, A Hanan SP MM dan Kabid Pengolahan dan Pemasaran Perkebunan Distanbun Aceh, Azanuddin Kurnia MP.

ISMI Aceh tertarik melakukan pengembangan oleh perkumpulan saudagar muslim Aceh dengan cara melakukan pelatihan pembuatan gula sawit di Kabupaten Nagan Raya dan di Kampus Pertanian Unsyiah yang bekerja sama dengan Ikatan Alumni Unsyiah Banda Aceh dan Bidang Pengolahan dan Pemasaran Perkebunan Distanbun Aceh. (NEDELYA RAMADHANI/m)
 

Berita Terbaru