Ini Penjelasan Pemkab Kotawaringin Timur Terkait Demo Buruh PT Agro Bukit

  • Oleh Naco
  • 15 Juli 2019 - 12:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Perwakilan buruh menyampaikan tuntutan dengan menyerahkan data kepada Pemkab Kotawaringin Timur terkait masalah di perusahaan PT Agro Bukit, PT Bangkit Giat Usaha Mandiri (BUM) dan Kelompok Tani Hutan Jirak Sepakat Jaya.

Staf Ahli Bupati Kotawaringin Timur, Sutaman masih akan mempelajari data yang diserahkan oleh para buruh.

"Data yang ini akan kami pelajari dulu," ucapnya, Senin, 15 Juli 2019 dalam pertemuan seusai aksi ratusan buruh yang dipimpin Karliansyah itu.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kotawaringin Timur, Heru Rio Wibisono mengatakan persoalan di PT Agro Bukit sudah ditindaklanjuti. Tidak ada kata sepakat dalam mediasi oleh para pihak.

"Kami tunggu di peradilan hubungan industrial di Palangka Raya nanti," katanya. Sedangkan persoalan di PT BUM sudah ditindaklanjuti. Bahkan tim gabungan dari instansi terkait kini tengah turun ke perusahaan.

"Sedangkan untuk Kelompok Tani Hutan Jirak Sepakat Jaya itu bukan kewenangan kami. Itu kewenangan pengawas dari provinsi," katanya.

Sementara itu Karliansyah koordinator aksi buruh meminta agar laporan yang disertai data itu segera ditindaklanjuti oleh Pemkab Kotim.

"Jangan sampai saya bawa buruh ke sini lebih banyak lagi. Jika kami turun lagi saya pastikan kami akan menginap di sini sampai persoalan dan tuntutan buruh ditindaklanjuti," pungkasnya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru