Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sekadau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jalur Prestasi di SMAN 1 Sampit hanya Diisi Siswa Berprestasi Tingkat Nasional

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 15 Juli 2019 - 13:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Penerimaan siswa baru melalui jalur prestasi yang dibuka oleh SMAN 1 Sampit hanya diisi 17 orang. Hal itu disebabkan sekolah memberikan persyaratan siswa harus berprestasi di tingkat nasional.

"Siswa yang melalui jalur prestasi hanya 17 orang yang kami terima, dan semuanya merupakan siswa yang sudah berprestasi di tingkat nasional," ujar Kepala SMAN 1 Sampit Darma Setiawan, Senin, 15 Juli 2019. 

Pada tahun ajaran 2019/2020, SMAN 1 Sampit menerima 319 siswa baru. Rata-rata dari mereka masuk melalui jalur zonasi. Sedangkan yang jalur prestasi hanya diterima bagi yang memiliki prestasi di tingkat nasional, seperti Olimpiade Siswa Nasional (OSN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), dan lainnya yang digelar di tingkat nasional. 

"Kalau prestasi tingkat kabupaten saja, kami sarankan untuk masuk lewat jalur reguler saja," kata Darma.

SMAN 1 Sampit sebelumnya telah membuka pendaftaran siswa melalui jalur reguler, tugas negara, dan juga jalur prestasi. Namun jalur prestasi dan tugas negara masing-masing hanya 5% dari jumlah keseluruhan peserta didik yang diterima. 

"Kami mengutamakan jalur reguler melalui zonasi. Sedangkan prestasi dan tugas negara masing-masing hanya 5% saja," sebut Darma. 

Saat ini, SMAN 1 Sampit sedang melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa baru. Kegiatan diselenggrakan selama tiga hari. Tujuan kegiatan ini untuk mengenalkan lingkungan sekolah dan materi pembelajaran. (MUHAMMAD HAMIM/B-3)

Berita Terbaru