Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Bandung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Siswa Baru di Lamandau Antusias Bersekolah di Hari Pertama

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 15 Juli 2019 - 13:26 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Libur sekolah telah usai. Hari ini, Senin, 15 Juli 2019, para peserta didik di berbagai strata pendidikan sudah harus kembali bersekolah di tahun ajaran baru.

Di SMAN 1 Bulik, Kabupaten Lamandau, misalnya, ratusan siswa baru tampak antusias mengikuti berbagai aktivitas di hari pertama sekolah. Mereka seakan tak mau melewati momen berkesan di hari pertama ini.

Seperti sekolah lainnya, untuk tiga hari pertama masuk, siswa baru di SMAN 1 Bulik dijadwalkan mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS.

Kepala SMAN 1 Bulik Ahmad Zarkani menuturkan, pada tahun ajaran 2019/2020, sekolahnya menerima siswa baru sebanyak 280 orang. Mereka terbagi dalam tiga jurusan yakni matematika dan ilmu pengetahuan alam atau IPA, ilmu pengetahuan sosial atu IPS, serta jurusan ilmu bahasa dan budaya atau IBB.

Zarkani mengatakan, pada tiga hari pertama masuk sekolah, siswa baru dijadwalkan mengikuti MPLS atau dulu lazim disebut masa orientasi siswa atau MOS.

"Pada MPLS, para peserta didik baru dikenalkan berbagai bagai materi, mulai dari pengenalan lingkungan sekolah berikut tata tertibnya, materi yang berisi motivasi belajar efektif, termasuk materi umum seperti halnya berkaitan dengan dasar wawasan kebangsaan," ujar Zarkani.

Pantauan Borneonews, siswa baru SMAN 1 Bulik terlihat semringah mengikuti berbagai materi, baik yang digelar di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Terlebih, kegiatan MPLS juga disajikan dengan cukup komunikatif dan tidak membosankan. Siswa yang masih mengenakan pakaian SMP itu juga terlihat saling berkenalan satu sama lain di sela-sela kegiatan. (HENDI NURFALAH/B-3)

Berita Terbaru