Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Nilai Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Sangat Penting bagi Siswa Baru

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 15 Juli 2019 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan yang sangat penting dalam menyambut kehadiran peserta didik baru. Hal ini tertuang dalam amanat tertulis Gubernur Kalteng Sugianto Sabran yang dibacakan Pengawas Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng Hermina Landria saat menjadi pembina upacara di SMAN 2 Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Senin, 15 Juli 2019.

Ia menyampaikan, di hari pertama masuk sekolah, peserta didik baru harus diberikan kesan rasa bangga, gembira, dan bahagia. Sebab kesan pertama yang baik pada saat mereka memasuki jenjang pendidikan baru akan membawa dampak positif bagi setiap pribadi peserta didik.

Diharapkan pada gilirannya mereka akan siap mengikuti pelaksanaan proses pembelajaran dengan baik.

"Saya perintahkan di sekolah atau madrasah tidak ada lagi penyambutan peserta didik baru dengan cara-cara lama yang diwarnai dengan perpeloncoan dengan berbagai modus penugasan," ujarnya.

Pengenalan lingkungan sekolah atau madrasah merupakan kegiatan sangat penting bagi peserta didik baru untuk memperkenalkan lingkungan baru mereka. Supaya mereka mengetahui dan memahami dengan baik.

Sehingga diharapkan akan tumbuh rasa cinta dan nyaman dalam mengikuti proses pembelajaran. "Agar tidak ada perpeloncoan panitia MPLS harus para guru yang membantu beberapa pengurus OSIS," ujarnya.

Masa pengenalan lingkungan sekolah atau madrasah harus bisa memberikan kesan positif dan hangat kepada para peserta didik baru. Kenalkan tata tertib sekolah yang harus ditaati dan dilaksanakan oleh setiap warga sekolah atau madrasah.

Selain itu, kenalkan berbagai kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler di satuan pendidikan sebagai kegiatan wajib dan pilihan dalam upaya mengembangkan potensi atau bakat peserta didik. Sekaligus membentuk karakter kepribadian dan karakter kerja yang baik.

"Semoga dapat mempersiapkan pesera didik yang anggun dalam budi pekerti, unggul dalam prestasi, dan tangguh dalam kompetisi," tegasnya. (DANANG/ADV/B-3)

Berita Terbaru