Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Habiskan Dana Miliaran Rupiah, Legislator Nilai Depo Sampah Tidak Bawa Banyak Perubahan

  • Oleh Naco
  • 15 Juli 2019 - 18:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, H Riduanur menuding pembangunan depo sampah di Kota Sampit tidak membawa banyak perubahan yang signifikan. Padahal, anggaran pembangunannya mencapai miliaran rupiah.

Dalam pembahasan KUA PPAS APBD Murni 2020, dia menilai justru tingkat penyebaran sampah kian tidak tertangani dengan baik.

"Saat meminta anggaran itu, Pemkab Kotim menjanjikan penanganan sampah akan maksimal. Terutama jika sudah ada bank sampah yang dibangun," kata Rudianur, Senin, 15 Juli 2019.

Saat ini, ada beberapa depo sampah. Di antaranya di kawasan pasar atau pusat perbelanjaan Sampit dan kompleks samping eks Plaza Sampit. 

Keberadaan dua depo ini menelan anggaran miliaran rupiah untuk pembangunannya. Namun untuk masalah sampah yang masih bertebaran tidak bisa ditangkal dengan kehadiran bank sampah tersebut.

“Meski sudah ada depo sampah, tetapi tidak banyak membawa perubahan. Penanganan sampah tidak bisa beres juga hingga saat ini, “ ucap Rudianur.

Selain itu juga, dia melihat ini karena faktor kebiasaan masyarakat yang sembarangan dalam membuang sampah. Padahal bank sampah sudah disediakan, sementara TPS sebelumnya sudah ditiadakan.

"Namun saya lihat masih ada yang membuangnya di lokasi eks TPS tersebut, “ tukas Rudianur.

DLH pun harus bertanggungjawab penuh dengan urusan sampah. Pihaknya tidak ingin persoalan sampah dari hari ke hari justru kian memburuk. 

Rudianur menyebutkan, dengan tidak maksimalnya penanganan sampah akan berdampak terhadap upaya meraih Piala Adipura. Dia tidak ingin juga hanya disaat tertentu, Sampit ini terlihat bersih dan rapi. (NACO/B-11)

Berita Terbaru