Cuaca Panas Diprediksi Landa Musim Haji 2019 di Tanah Suci

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 15 Juli 2019 - 19:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Perkiraan cuaca di tanah suci Makkah dan Madinah, pada musim haji 2019 ini cukup panas. Bahkan dari informasi yang didapat Kementerian Agama Kotawaringin Timur, saat ini suhu udara di dua daerah tersebut mencapai 48 derajat celcius. 

"Dari informasi yang kami dapat, suhu udara saat ini mencapai 48 derajat celcius. Kondisi seperti ini memang cukup panas," kata Kepala Kemenag Kotim, Syamsudin, 15 Juli 2019. 

Dengan kondisi cuaca seperti itu, maka para calon jemaah diharapkan lebih banyak mengonsumsi air putih dan buah-buahan. Sehingga, kondisi tubuh bisa lebih bugar, dan bisa terhindar dari serangan penyakit. 

"Mengingat suhu di Mekkah dan Madinah cukup terik, jamaah calon haji haru banyak minum air. Ini dapat mencegah penyakit saat beribadah nantinya," kata Syamsudin. 

Selain itu, perlengkapan lain seperti sandal, payung, dan kacamata ultraviolet perlu disiapkan untuk antisipasi cuaca tersebut. Sehingga sebelum berangkat pada saat ini 26 Juli mendatang, diharapkan terus mempersiapkan diri dan menjaga kesehatan.

"Jaga kesehatan dengan sering-sering berolahraga, jangan sampai nantinya saat di Tanah Suci malah sakit dan mengganggu melaksanakan rukun haji," terang Syamsudin. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru