Bupati Buka KMD Pusdiklatcab Huma Betang Kwarcab Pramuka Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 16 Juli 2019 - 01:44 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh -  Bupati Barito Utara H Nadalsyah membuka Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar (KMD) Pusat Pendidikan dan Latihan Cabang (Pusdilkatcab) Huma Betang bagi pembina gugus depan pangkalan SD, SMP dan SMA di Kabupaten Barito Utara tahun 2019, Senin 15 Juli 2019 di gedung balai Antang Muara Teweh.

Bupati Barito Utara H Nadalsyah mengatakan, gerakan pramuka merupakan suatu wadah pembinaan serta pendidikan yang bersifat menantang tapi menarik dengan metodenya bagi anak didik di alam terbuka.

“Sistem pendidikan dalam kepramukaan sejauh ini telah banyak memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan bangsa dan negara karena ikut dalam meningkatkan pertumbuhan watak serta kepribadian peserta didik,” kata Nadalsyah.

Ia mengatakan, kegiatan kepramukaan diselenggarakan secara berkala dan berkesinambungan dan berkelanjutan di setiap tingkatannya tidak hanya teori-teori melainkan juga dengan simulasi yang menyenangkan.

Dengan begitu, peserta langsung terlibat dalam permainan yang mengandung pendidikan.

Untuk itu, jelas Nadalsyah, penyelenggaraan kursus pembina pramuka mahir dasar ini merupakan salah satu wujud upaya gerakan pramuka untuk meningkatkan kualitas pembina guna mempersiapkan generasi muda menjadi generasi yang berwatak, bermoral serta memiliki budi pekerti yang luhur.

Lebih lanjut bupati yang akrab disapa H Koyem ini mengatakan, Pemkab Barito Utara sangat responsif dengan adanya Undang-undang Gerakan Pramuka Nomor 12 Tahun 2010 yang memperkuat eksistensi gerakan pramuka di tanah air. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru