Kalimantan Tengah Bawa 4 UMKM ke Ajang Karya Kreatif Indonesia

  • Oleh Testi Priscilla
  • 16 Juli 2019 - 12:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah membawa 4 pelaku UMKM dalam ajang Karya Kreatif Indonesia yang telah dibuka oleh Presiden Joko Widodo sejak Jumat lalu di Jakarta.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Tengah, Wuryanto kepada Borneonews, Selasa, 16 Juli 2019 mengatakan ke 4 UMKM yang dibawa tersebut ialah binaannya.

"UMKM yang kita bawa yakni kerajinan rotan dari Kelompok Uwei Pambelom, Kabupaten Pulang Pisau. Lalu ada UMKM batik benang bintik tentunya sebagai kebanggaan warga Kalteng," jelasnya.

Selain itu ada pula kerajinan batu dari Queen Borneo serta UMKM yang menghasilkan kaos etnik arut selatan, Pangkalan Bun. KKI 2019 merupakan penyelenggaraan yang ke 4 dengan tema

"Mendorong Pertumbuhan Ekonomi melalui UMKM Go Export dan Go Digital". Produk kreatif UMKM yang ditampilkan terdiri dari kain tradisional dan fesyen, kerajinan, makanan dan minuman olahan termasuk kopi.

Produk kreatif yang ditampilkan memiliki nilai otentik atau original, memiliki nilai budaya, mengangkat citra daerah, memiliki nilai ekonomis tinggi, dan berkualitas ekspor.

Ada 370 UMKM yang berpartisipasi pada KKI 2019 terdiri dari 120 UMKM kategori kain, 83 kerajinan, dan 167 makanan dan minuman olahan termasuk kopi, dari seluruh nusantara. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru