Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pulau Taliabu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rencana Pembangunan Pasantren Modern untuk Makmurkan Masjid Agung

  • Oleh Norhasanah
  • 16 Juli 2019 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten Sukamara berencana membangun pasantren modern. Rencana itu dimaksudkan untuk memakmurkan Masjid Agung Sukamara.

"Jumlah penduduk muslim di Kabupaten Sukamara ini berjumlah 86 persen (dari total penduduk)," ujar Wakil Bupati Sukamara Ahmadi, Selasa, 16 Juli 2019.

"Dengan jumlah segini, wajar secara porprosional kita jadikan islamic center," tuturnya.

Menurut Ahmadi, pembangunan pasantren modern memang sudah menjadi rencana pemerintah. Lokasinya di sekitar Masjid Agung. Sehingga aktivitas keagaman bisa terus berjalan.

"Tujuannya adalah untuk mendidik generasi muda kita semua, juga untuk memakmurkan Masjid Agung yang sudah dibangun oleh pemimpin-pemimpin terdahulu. Sehingga kita hanya tinggal melanjutkan ini saja," sebutnya.

"Untuk memakmurkan masjid memang harus ada pendidikan agama yang berada dekat dengan lokasi masjid. Jadi rencana kita seperti itu," tuturnya.

Ahmadi menambahkan, dengan adanya lembaga pendidikan keagamaan seperti pesantren modern, masyarakat tidak mesti harus pergi keluar daerah untuk belajar agama, tetapi cukup diawali dengan lembaga pendidikan yang ada.

"Selama ini untuk bersekolah pesantren anak-anak kita banyak keluar daerah. Bila ada lembaga pendidikan keagamaan yang kita siapkan, mereka bisa dididik di sini terlebih dahulu, bahkan warga dari daerah sekitar juga bisa datang dan belajar," kata dia.

Wakil Bupati berharap, rencana tersebut bisa berjalan sesuai harapan. Sehingga kegiatan keagaman di Bumi Gawi Barinjam semakin hidup. (NORHASANAH/B-3)

Berita Terbaru