Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sorong Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini 5 Kendala Pembangunan Seruyan

  • Oleh Reno
  • 16 Juli 2019 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Dari hasil evaluasi yang sudah dilaksanakan melalui pra Rapat Koordinasi dan Pengendalian atau Rakordal sebelumnya, terdapat 5 permasalahan dalam pengendalian dan evaluasi perencanaan pembangunan Seruyan.

Pertama, menurut Sekda Seruyan Haryono, pada triwulan I dan II sebagian besar hanya melaksanakan proses perencanaan untuk pelaksanaan fisik tahun berjalan yang mengakibatkan banyak kegiatan fisik terjadwal pada triwulan III dan triwulan selanjutnya. 

Kedua, pada triwulan II pelaksanaan kegiatan yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah atau APBD terkendala pada penyelesaian kegiatan Dana Alokasi Khusus atau DAK, kegiatan dari DAK harus segera tanda tangan kontrak sebelum 21 Juli 2019 agar bisa transfer DAK fisik tahap I di salurkan.

Ketiga, sebagian besar kegiatan DAK fisik sedang dalam proses lelang, sebelum tanggal 21 Juli 2019 sudah tanda tangan kontrak, kemudian DAK non fisik sebagian besar dalam proses pengajuan perencanaan.

Keempat, dana desa terkendala pada 9 desa yang belum salur tahap I diantaranya belum menyampaikan laporan realisasi penyerapan dana pencapaian output dana desa tahap II dan belum menyampaikan APBDes tahun anggaran 2019 sebagai syarat pengajuan penyaluran tahap I.

Kelima, APBN tugas pembantuan dipa baru diterima pada awal triwulan II, kegiatan pada akhir triwulan II baru dilakukan proses lelang.

"Melihat permasalahan tersebut, saya ingin meningkatkan agar kita lebih fokus pada program kegiatan untuk pencapaian target RPJMD tahun 2019 ini," jelas Sekda. (RENO)

Berita Terbaru