Dinas Kesehatan Kapuas Gelar Pertemuan Surveilans Epidemiologi untuk Petugas Puskesmas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 16 Juli 2019 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas menggelar pertemuan Surveilans Epidemiologi untuk petugas puskesmas, di aula Bappeda, Selasa, 16 Juli 2019.

Kegiatan itu dibuka Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Apendi, dan diikuti perwakilan petugas puskesmas dari seluruh kecamatan maupun puskesmas keliling.

Pertemuan itu juga menghadirkan narasumber dari Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan Banjarbaru. 

Surveilans epidemiologi merupakan kegiatan analisis secara sistematis dan terus menerus terhadap penyakit, atau masalah-masalah kesehatan.

Apendi menyebutkan latar belakang kegiatan itu dilaksanakan lantaran adanya Kejadian Luar Biasa atau KLB keracunan pangan. Sehingga, menimbulkan banyak korban dan kerugian besar. 

Seperti di tahun 2019, ada 2 keracunan pangan dalam waktu kurang dari 1 bulan. Yakni di wilayah Puskesmas Lamunti dan Puskesmas Sei Tatas. 

Kedua kejadian KLB keracunan pangan tersebut terjadi pada 2 wilayah berbeda. Sementara jenis pangan, pengelolaan pangan, dan tanda gejala sakit hampir serupa. 

"Hal ini menunjukkan bahwa potensi risiko kejadian keracunan pangan sangat dekat dengan kita. Maka dari itu, peran dari petugas kesehatan di sini sangat penting untuk mencegahnya," kata dia.

Dia berharap seluruh peserta kegiatan dapat mengikuti kegiatan dengan baik. Sehingga dapat mengoptimalkan sosialisasi kepada masyarakat untuk terus jaga kebersihan dan kesehatan. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru