Cegah Karhutla, Ini Kata Mantan Wali Kota Palangka Raya HM Riban 

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 16 Juli 2019 - 20:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Mantan wali kota yang pernah melewati kabut asap tebal tahun 2015, HM Riban Satia mengingatkan langkah terpenting dalam pencegahan karhutla yang menjadi kebiasaan masyarakat.

Terutama kebiasaan membersihkan lahan namun dengan cara membakar pada saat musim kemarau melanda kawasan Kota Palangka Raya.

“Masyarakat beramai ramai membersihkan lahannya. Tapi kenapa tidak waktu musim hujan jika ingin sambil membakar setelah diberihkan,” ucap dia usai kunjungan rombongan Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin di rumahnya, Selasa, 16 Juli 2019.

Ia menegaskan, langkah masyarakat untuk membersihkan lahan memang tidak boleh dilarang oleh pemerintah daerah. Hanya saja jangan sampai menggunakan cara bakar.

Selain itu, semua perlu dimanagemen dengan baik oleh pemerintah. Termasuk juga peran serta masyarakat dengan tidak membuang puntung rokok sembarangan maupun kegiatan lain yang bisa memicu kebakaran.

“Saya selalu berkeyakinan apa yang terjadi ada manfaatnya. Siapa sih yang tidak menikmati kemarau. Kemarau bagus tetapi jika itu dikelola dengan baik, jika tidak maka akan menjadi bencana,” tandasnya. (HERMAWAN DP/B-2)

Berita Terbaru