Hanya 2 Siswa Baru Daftar Melalui Jalur Prestasi di SMKN 1 Palangka Raya

  • Oleh Agus Priyono
  • 16 Juli 2019 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – SMKN 1 Palangka Raya kebanjiran siswa baru yang mendaftar dengan jumlah mencapai 504 siswa. Namun dari ratusan siswa tersebut, hanya dua orang saja yang diketahui masuk melalui jalur prestasi.

Kepala SMKN 1 Palangka Raya, Ruanda mengatakan, pada tahun ajaran kali ini, hanya ada dua orang yang diketahui masuk melalui jalur prestasi dan keduanya masuk dengan prestasi non akademik yakni di bidang olahraga karate dan silat.

“Setahu saya hanya ada dua siswa yang masuk lewat prestasi, dan itu di bidang non akademik, yakni karate dan silat. Untuk Karate itu sudah sampai tingkat nasional, sedangkan yang silat sudah sampai tingkat provinsi,” ujar Ruanda, Selasa, 16 Juli 2019.

Ia menambahkan, sedikitnya siswa yang masuk melaui jalur prestasi tersebut sangat dimaklumi. Pasalnya, hal tersebut dilihat dari masih ada orangtua  maupun siswa tersebut yang masih bingung mengenai mekanisme pendaftaran dengan jalur yang berbeda dari sistem pendaftaran secara online tersebut.

Kemudian adanya sekolah yang masih menahan mendali ataupun sertifikat hasil prestasi dari tiap muridnya sehingga tiap murid merasa kesusahan untuk mendaftar. Apalagi jika sudah mepet waktu pendaftarannya.

“Kami tidak bisa mengatakan yang lain tidak berpresitasi, bisa jadi mereka ada prestasi di bidang lain. Tapi karena ini pertama kali online jadi siswa dan orangtua mungkin bingung, prestasi itu seperti apa, reguler tu seperti apa,” pungkasnya. (AGUS/B-2)

Berita Terbaru