Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Belitung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Politisi PKB Prihatin Masih Banyak Orang Tua Keluhkan Sistem Zonasi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 17 Juli 2019 - 09:22 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Politisi PKB, Rusdiansyah prihatin karena masih banyak orang tua yang mengeluhkan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2019-2020 ini. Padahal kini para siswa telah memasuki masa pengenalan lingkungan sekolah atau MPLS.

"Hingga saat ini soal zonasi ini masih tetap menuai polemik dari berbagai kalangan masyarakat, terkhusus kalangan orang tua. Di salah satu daerah bahkan saya baca beritanya ada anak yang tidak bisa masuk SMP negeri karena tidak diterima di sekolah yang ada di zona tempat tinggalnya. Berita ini semakin membuat para orang tua beropini soal sistem zonasi ini," kata Rusdiansyah kepada Borneonews, Rabu, 17 Juli 2019.

Padahal kalau ingin menelisik lebih jauh, sistem zonasi ini dinilai bagus dan tepat, karena memberikan pemerataan pendidikan.

"Sistem zonasi ini sebenarnya memberikan pemerataan di bidang pendidikan. Kasus yang satu itu kan hanya satu dari sekian banyak keberhasilan penerapan sistem zonasi ini," katanya.

"Perlu kita cermati lagi kenapa sampai anak tersebut tidak diterima, apakah karena memang usianya masih terlalu muda atau bagaimana," jelas Sekretaris Komisi C DPRD Kota Palangka Raya ini lagi.

Dengan zonasi, menurut Rusdiansyah, maka tidak ada lagi sekolah yang berstatus favorit atau tidak favorit, semuanya berstatus sama.

"Tentunya kita juga dari kalangan anggota dewan, terutama komisi C yang mengurusi bidang pendidikan mendukung sistem zonasi ini," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru