Mendapatkan Sertifikasi ISCC, SSMS Siap Memasuki Pasar Global

  • Oleh Ainun Nadzifatus Sholikhah
  • 17 Juli 2019 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebagai salah satu unit bisnis PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS Group), PT Mitra Mendawai Sejati (MMS) melalui Suayap Mill menerima sertifikat International Sustainibility & Carbon Certification (ISCC) pada  25 Juni 2019. 

Sertifikasi ini diberikan kepada pabrik kelapa sawit (Suayap Mill) dan dua estate (Suayap dan Umpang Estate) sebagai pemasok bahan baku pabrik di Dusun Suayap dan Desa Umpang, di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Sebagai produsen Crude Palm Oil (CPO) yang telah memenuhi standar sertifikasi ISCC, kini PT Mitra Mendawai Sejati dapat menyediakan CPO dengan Standar Energi Terbarukan Uni Eropa (EU Renewable Energy Directive) yang berfokus pada pengurangan emisi gas CO2.

Perolehan sertifikasi ISCC merupakan wujud komitmen PT MMS untuk mencapai perusahaan berstandar kelas dunia dalam menyediakan produk yang ramah lingkungan. Kepedulian SSMS terhadap pengurangan emisi GRK terlihat jelas dari bagaimana inovasi dan kerja keras mengubah gas methan yang berbahaya bagi lingkungan.

Melalui fasilitas Methane Capture, gas metan yang merupakan biogas yang dihasilkan dari perombakan senyawa organik pada POME (limbah cair kelapa sawit) kemudian diubah menjadi energi. Berdasarkan EU Renewable Energy Directive, ditetapkan bahwa standar emisi pembanding untuk unit pemrosesan adalah sebesar 94 gCO2/MJ.

Dari data operasional pabrik yang telah dihitung, nilai emisi gas karbon dari aktifitas pemrosesan CPO di Suayap Mill selama tahun 2018 adalah sebesar 11,80 gCO2/MJ. Dengan nilai tersebut dapat dihitung bahwa Suayap Mill telah melakukan penghematan nilai GHG sebanyak 90%.

Hal ini menjadi bagian dari kontribusi SSMS terhadap pengurangan emisi GRK. ISCC merupakan sistem sertifikasi bertaraf internasional untuk membuktikan sustainability, traceability dan penghematan dari efek gas rumah kaca (GRK) dalam produksi biomass (energi yang terbarukan).

Sertifikasi ISCC PT MMS dilakukan oleh sebuah lembaga sertifikasi manajemen mutu terkemuka dunia yang berpusat di Jerman. Sertifikat ini berlaku selama satu tahun, yaitu sejak tanggal 25 Juni 2019 sampai dengan 24 Juni 2020. (AINUN)

Berita Terbaru