Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sukabumi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Eko Subiyantoro Wujudkan Peduli Kanker dengan Bersepeda Seorang Diri Sejauh 1.300 Km

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 17 Juli 2019 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap para penderita kanker, Eko Subiyantoro akan bersepeda seorang diri dengan jarak tempuh mencapai 1.300 kilometer.

Lali-laki kelahiran 1972, itu memulai solo touring bersepeda sejak 16 Juli 2019. Ia berangkat dari Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, dengan target finis Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam perjalanannya menuju Pontianak, Eko Subiyantoro yang merupakan pendiri komunitas Tangan-Tangan Relawan, singgah di Kota Kuala Kapuas, Kabupaten Kapus, Provinsi Kalimantan Tengah. Ia tiba di Kuala Kapuas pada Selasa, 17 Juli 2019 sore.

Kedatangannya disambut Wakil Bupati Kapuas M Nafiah Ibnor didampingi Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Suwarno Muriyat beserta jajarannya.

Pada kesempatan itu, Eko Subiyantoro berdiskusi mengenai deteksi dini kanker bersama sejumlah anggota komunitas serta organisasi di Kabupaten Kapuas.

Laki-laki yang bekerja sebagai ASN di Kementerian Kehutanan RI itu menyampaikan bahwa perjalanannya, selain untuk menggalakkan kampanye deteksi dini terhadap kanker, sekaligus melakukan penggalangan dana yang nantinya akan digunakan untuk pembangunan atau pembelian rumah singgah kanker anak.

Rumah singgah yang nantinya diberi nama Rumah Kita itu diperuntukan bagi anak-anak penderita kanker permanen.

Dia juga menjelaskan bahwa untuk penyakit kanker tidak bisa hanya diatasi oleh pasien dan keluarga, tetapi diperlukan bantuan-bantuan dari semua pihak.

“Berdasarkan data dari RSUD Ulin Banjarmasin, untuk kejadian kanker selama dua tahun (2013-2015) terdapat 158 kasus baru, terdiri dari anak laki-laki sebanyak 93 kasus dan anak perempuan 65 kasus," katanya.

"Sedangkan untuk jenis kanker terbanyak yaitu leukemia limfoblastic akut dengan usia tersering 1 - 4 tahun,” lanjutnya Eko.


TAGS:

Berita Terbaru