Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bantuan Bank Indonesia kepada UMKM tidak Selalu Berupa Uang

  • Oleh Testi Priscilla
  • 17 Juli 2019 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Berbagai bantuan yang diberikan Bank Indonesia melalui program sosial Bank Indonesia atau PSBI kepada UMKM unggulan binaannya ternyata tidak selalu berupa uang.

Manajer Fungsi Data Statistik dan Ekonomi, Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Tengah, Deasi Surya Andarina menjelaskan bahwa yang dimaksud UMKM binaan Bank Indonesia ialah mereka yang pernah dan ada mendapat bantuan dari Bank Indonesia.

"Kita kemarin dalam Karya Kreatif Indonesia yang telah dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo sejak Jumat lalu di Jakarta membawa empat UMKM binaan Bank Indonesia. Mereka ini menerima bantuannya bukan hanya bantuan modal atau uang ya, tetapi bisa juga dalam bentuk lain," kata Deasi kepada Borneonews, Rabu, 17 Juli 2019.

Menurut Deasi, bantuan yang didapatkan UMKM bisa juga berupa mereka dapat bantuan teknis, seperti mengikuti kelas pelatihan yang diadakan oleh BI.

"Atau misalnya ada bantuan untuk pengembangan kelompok usahanya. Jadi bukan melulu yang diberikan bantuan berupa uang," tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalteng, Wuryanto mengatakan bahwa UMKM yang dibawa dalam kegiatan KKI 2019 tersebut yakni kerajinan rotan dari Kelompok Uwei Pambelom, Kabupaten Pulang Pisau. Lalu ada UMKM batik benang bintik tentunya sebagai kebanggaan warga Kalteng.

"Selain itu ada pula kerajinan batu dari Queen Borneo serta UMKM yang menghasilkan kaos etnik arut selatan, Pangkalan Bun," kata Wuryanto.

KKI 2019, lanjut Wuryanto, merupakan penyelenggaraan yang keempat kali, dengan tema "Mendorong Pertumbuhan Ekonomi melalui UMKM Go Export dan Go Digital".

Produk kreatif UMKM yang ditampilkan terdiri dari kain tradisional dan fesyen, kerajinan, makanan dan minuman olahan termasuk kopi. Produk-produk kreatif yang ditampilkan memiliki nilai otentik atau original, memiliki nilai budaya, mengangkat citra daerah, memiliki nilai ekonomis tinggi, dan berkualitas ekspor.

Jumlah UMKM yang berpartisipasi pada KKI 2019 sebanyak 370 UMKM, terdiri dari 120 UMKM kategori kain, 83 kerajinan, dan 167 makanan dan minuman olahan termasuk kopi, dari seluruh nusantara. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru