Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

UMKM Binaan BI di Karya Kreatif Indonesia Layak Tampil di Kancah Nasional

  • Oleh Testi Priscilla
  • 17 Juli 2019 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Manajer Fungsi Data Statistik dan Ekonomi Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Tengah, Deasi Surya Andarina, mengungkapkan bahwa UMKM yang diajak mengikuti Karya Kreatif Indonesia di Jakarta yang dibuka Presiden Joko Widodo pada Jumat pekan lalu, merupakan UMKM unggulan Kalteng.

UMKM itu dinilai layak tampil di kancah nasional. "Empat UMKM yang kami bawa ke KKI 2019 itu adalah UMKM binaan Bank Indonesia Kalteng yang dianggap produknya premium atau sudah layak tampil di kancah nasional," kata Deasi kepada Borneonews, Rabu, 17 Juli 2019.

Menurut Deasi, keempat UMKM ini dianggap sudah layak diorbitkan untuk go digital atau go export.

"Karena di KKI itu ada fasilitasi untuk mengangkat mereka ke platform digital atau business matching untuk ekspor, makanya kita bawa ke sana," jelasnya lagi.

Sebelumnya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalteng, Wuryanto mengatakan bahwa UMKM yang dibawa dalam kegiatan KKI 2019 yakni kerajinan rotan dari Kelompok Uwei Pambelom, Kabupaten Pulang Pisau. Lalu, UMKM batik benang bintik tentunya sebagai kebanggaan warga Kalteng.

"Selain itu ada pula kerajinan batu dari Queen Borneo serta UMKM yang menghasilkan kaos etnik Arut Selatan, Pangkalan Bun," kata Wuryanto.

KKI 2019, lanjut Wuryanto, merupakan penyelenggaraan yang keempat kali, dengan tema "Mendorong Pertumbuhan Ekonomi melalui UMKM Go Export dan Go Digital.

Produk kreatif UMKM yang ditampilkan terdiri dari kain tradisional dan fesyen, kerajinan, makanan dan minuman olahan termasuk kopi. Produk-produk kreatif yang ditampilkan memiliki nilai otentik atau original, memiliki nilai budaya, mengangkat citra daerah, memiliki nilai ekonomis tinggi, dan berkualitas ekspor.

Jumlah UMKM yang berpartisipasi pada KKI 2019 sebanyak 370 unit, terdiri dari 120 UMKM kategori kain, 83 kerajinan, dan 167 makanan dan minuman olahan termasuk kopi, dari seluruh nusantara. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru