Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Uji Kompetensi Kepala Sekolah sudah Selayaknya Dilakukan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 17 Juli 2019 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Mukarramah mengatakan bahwa uji kompetensi kepala sekolah sudah selayaknya dilakukan.

"Pengujian kompetensi sudah selayaknya diterapkan oleh instansi terkait kepada seorang aparatur sipil negara (ASN) yang ingin memposisikan sebagai kepala sekolah pada sekolah yang diharapkan. Dari pada kita kecolongan seperti kasus OTT kepala sekolah di SMPN 8 Palangka Raya kemarin," tutur Mukarramah kepada Borneonews, Rabu, 17 Juli 2019.

Menurut Mukarramah, perlu dilakukannya pembenahan uji kompetensi dan seleksi terhadap kepala sekolah ke depan tidak lain demi terwujudnya sistem pendidikan yang berkualitas dan bebas praktik pungli.

"Kejadian di SMPN 8 Palangka Raya kemarin tentu mematik perhatian banyak pihak karena mencoreng wajah dunia pendidikan kita," tegas politisi Partai Nasdem ini.

Sudah barang tentu, lanjut Mukarramah, dalam uji kelayakan itu akan mencakup berbagai pengembangan.

"Seperti kepribadian dan kepatutan diri dalam pengabdian dalam memimpin jalannya sistem pembelajaran di suatu sekolah, itu harus menjadi materi uji kelayakan itu sendiri," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru