Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SMAN 1 Sukamara Tekankan Pendidikan Karakter kepada Siswa Baru

  • Oleh Norhasanah
  • 17 Juli 2019 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMA Negeri 1 Sukamara lebih menekankan pendidikan karakter.

"Untuk MPLS ini, ada beberapa kegiatan yang kita laksanakan," ucap Kepala SMAN 1 Sukamara, Edi Kasim saat diwawancarai, Rabu, 1 Juli 2019.

Menurut Edi, selama tiga hari, peserta didik baru dijejali dengan pembelajaran tatakrama, pembelajaran Peraturan Baris-Berbaris (PBB), upacara bendera, kepramukaan, kurikulum, wawasan wiyatamandala, pendidikan karakter dan cara belajar yang evektif.

"Dan dihari terakhir, siswa-siswi baru ini akan berkenalan dengan guru-guru yang ada disekolah," tuturnya.

Edi menerangkan, dari beberapa pemahaman yang disampaikan kepada siswa, pendidikan karakter lebih ditonjolkan, karena sesuai dengan arahan yang disampikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah.

"Yang lebih ditonjolkan itu pembinaan karakter, pembinaan mental siswa, karena pendidikan karakter ini memang sangat dominan. Meskioun begitu, yang lainnya juga perlu, tetapi yang lebih penting karakter," ujarnya.

"Ini tujuannya agar sopan santunnya lebih baik, karena berdasarkan perintah, ujungnya ini karakter harus dimunculkan untuk tahun ini sebagai pengganti PPKN," terangnya. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru