Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kotawaringin Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemenag Kapuas Gelar Rapat Validasi Aplikasi EMIS Madrasah 

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 17 Juli 2019 - 17:06 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kantor Kementerian Agama atau Kemenag Kabupaten Kapuas menggelar rapat validasi EMIS (Education Management Information System) atau sistem informasi menajemen pendidikan Madrasah semester genap.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Seksi Pendidikan Madrasah itu bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas pada Rabu, 17 Juli 2019.

Kegiatan dibuka Kepala Kantor Kemenag Kapuas, Ahmad Bahruni, ia mengatakan aplikasi EMIS bukan merupakan aplikasi baru. Aplikasi itu dibuat untuk mendapatkan data yang akurat bagi para peserta didik.

"Dengan data yang akurat, perkembangan dan kemajuan Madrasah tidak akan terhambat, karena sesuai," ucap Bahruni dalam sambutannya.

Lebih lanjut, dia berpesan kepada seluruh operator EMIS Madrasah agar menginput data dengan data yang sesuai, dan tepat dengan juknis, karena data yang sudah diinput dalam aplikasi. 

Dengan adanya EMIS tersebut juga dapat meminimalisir terjadinya manipulasi data peserta didik.

"Sehingga nantinya akan dijadikan sebagai acuan dalam pengambilan kebijakan ditingkat pusat, sehingga ini penting sekali," kata Bahruni.

Sementara itu ditambahkan oleh Kasi Pendidikan Madrasah Sajarwan mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi data EMIS dan sekaligus validasi EMIS madrasah semester genap tahun pelajaran 2018/2019.

Menurut dia data tersebut merupakan data yang sangat penting, karena data itu nantinya berguna untuk pengembangan dan kemajuan madrasah serta pengambilan kebijakan tingkat daerah dan pusat.

"Kami berharap dengan diadakannya kegiatan ini akan mendapatkan data EMIS madrasah semester genap tahun pelajaran 2018/2019 yang valid, dan sesuai dengan yang ada di Madrasah-madrasah," ucap Sajarwan. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru