Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Solok Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Catatan Fraksi PPP dan PDIP DPRD Barito Utara di Raperda Pertanggungjawaban APBD 2018

  • Oleh Ramadani
  • 17 Juli 2019 - 20:36 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memberikan catatan pada Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2018. Salah satunya, OPD yang dinilai kurang optimal dalam mengimpelementasikan kebijakan di APBD.

Juru bicara fraksi PPP, Pujiono, Rabu 17 juli 2019, mengatakan, OPD kurang optimal dalam mengimplementasikan kebijakan yang sudah direncanakan. Padahal itu merupakan penjabaran dari visi misi yang tertuang pada RPJMD.

Dia mencontohkan seperti Dinas PUPR. Fraksi PPP menekankan untuk meningkatkan dan memerketat pengawasan pelaksanaan proyek fisik, agar mutu dan hasil pekerjaan dapat tercapai dengan maksimal.

Kemudian, di dinas pendidikan, ditekankan agar bisa memilih dan memilah skala prioritas dalam perencanaan pembangunan fisik.

Fraksi PPP juga menyoroti sisi pengeluaran atau pembiayaan APBD yang belum menunjukkan 100 persen pro rakyat. Hal tersebut ditandai dengan masih tingginya belanja rutin pegawai dalam APBD.

Sementara itu, Fraksi PDI Perjuangan menyoroti beberapa bidang pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah pada APBD 2018.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Sunario mengatakan, berdasarkan pembahasan, ada bebrapa beberapa bidang yang perlu mendapatkan perhatian serius dari pemerintah.

Pertama, pada bidang pendidikan, agar segera mengatur ulang pemerataan penempatan guru, meningkatkan kualitas pendidikan di desa dan wilayah terpencil, meningkatkan kesejahteraan guru, terutama honorer.

Kedua, pada bidang kesehatan, agar melakukan penambahan dan pemerataan tenaga medis, serta melengkapi alat-alat kesehatan pada puskesmas maupun pustu. 

Selanjutnya, pada bidang pekerjaan umum agar dilakukan percepatan penyelesaian proyek jalan dan jembatan. Lalu, pengadaan listrik dan air bersih ke seluruh desa. Dan terakhir, pembukaan dan penyediaan lapangan kerja bagi angkatan kerja yang terus meningkat setiap tahun. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru