SMAN 1 Sukamara Hanya Terima Satu Siswa Jalur Prestasi

  • Oleh Norhasanah
  • 17 Juli 2019 - 18:42 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - SMA Negeri 1 Sukamara hanya menerima satu siswa melalui jalur prestasi. Hal itu sebagaimana proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini.

"Untuk jalur prestasi hanya ada satu siswa yang diterima," kata Kepala SMAN 1 Sukamara, Edi Kasim, Rabu, 17 Juli 2019.

Edy mengatakan, untuk bisa diterima melalui jalur prestasi memang tidak mudah. Prestasi bukan hanya ranking di kelas, melainkan siswa yang berprestasi pada bidang non akademik seperti Olimpiade Siswa Nasional.

"Untuk diterima jalur ini memang sulit. Yang bersangkutan harus juara OSN, bukan juara kelas," ujarnya.

Edi menambahkan, untuk tahun ini, kuota untuk jalur prestasi kuota sebanyak 5 persen. Dan ada beberapa siswa telah mencoba mendaftar melalui jalur tersebut.

Sementara itu, terkait kegiatan MPLS, selama 3 hari, peserta didik baru dijejali dengan pembelajaran tatakrama, peraturan baris berbaris (PBB), upacara bendera, kepramukaan, kurikulum, wawasan wiyatamandala, pendidikan karakter, dan cara belajar efektif.

Edi menerangkan, dari beberapa pemahaman yang disampaikan kepada siswa, pendidikan karakter lebih ditonjolkan. Hal itu sesuai arahan dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah.

"Yang lebih ditonjolkan itu pembinaan karakter, pembinaan mental siswa. Karena pendidikan karakter ini memang sangat dominan," kata dia. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru