Dinas Kesehatan Barito Utara Gelar Sosialisasi Penggunaan Obat Rasional

  • Oleh Ramadani
  • 17 Juli 2019 - 21:16 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara melaksanakan sosialisasi penggunaan obat rasional di puskesmas. Sosialisai itu berlangsung di aula Bappeda Litbang Barito Utara, Rabum 17 Juli 2019.

Narasumber sosialisasi itu dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah yakni manajemen pengelolaan obat, Eka Marethi, dan pelaporan penggunaan obat rasional secara online, oleh Neny Nealova. 

Ketua panitia sosialisasi, Cristiawan Edy, menyampaikan sosialisasi ini bertujuan untuk memenuhi standar mutu dan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku tenaga kesehatan dalam menjamin tercapainya penggunaan obat yang rasional.

Adapun peserta sosialisasi ini berjumlah 36 orang. Terdiri dari pegawai dinas kesehatan, perawat rumah sakit, dan pegawai puskesmas.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara, Siswandoyo mengatakan, obat merupakan bahan tunggal atau campuran yang digunakan untuk mencegah, meringankan, dan menyembuhkan penyakit.

“Kita mungkin pernah mendengar seorang pasien tiba-tiba menderita syok setelah diberikan obat, karena salah pemberian obat,” kata Siswandoyo.

Untuk itu, perlu ada upaya mencegah agar tidak terjadi akibat penggunaan atau pemakaian obat yang tidak sesuai dengan resepnya.

“Pengunaan obat dikatakan tidak rasional jika penggunaan antibiotik secara tidak tepat dosis dan indikasinya, atau penggunaan injeksi yang berlebihan," jelas Siswandoyo. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru