PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk Masuk 5 Besar Perusahaan Berikan Penghormatan HAM

  • Oleh Ediya Moralia
  • 17 Juli 2019 - 18:48 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk atau SSMS mendapatkan penghargaan lima besar perusahaan yang memberikan penghormatan hak asasi manusia atau HAM.

SSMS mendapatkan penghargaan tersebut dalam seminar mengenai hasil Studi Pemeringkatan Penghormatan Hak Asasi Manusia di 100 Perusahaan Publik di Indonesia. Studi ini dilakukan kepada perusahaan yang masuk kategori Indeks Kompas 100 periode Februari - Juli 2018.

Dalam acara sharing session, SSMS bersama empat perusahaan emiten lainnya, menyampaikan hal tanggung jawab perusahaan pada pemberlakuan HAM di lingkungan kerja. 

Dalam kesempatan itu Human Resources Manager SSMS Rahmadsyah menjelaskan mengenai penerapan HAM di perusahaan hingga mendapatkan sertifikasi dari Business and Human Rights International Standards for Certification 2011 pada BHRISC 2011.

Seminar besutan The Foundation for International Human Rights Reporting Standards (FIHRRST) itu berlangsung di Jakarta, pada Selasa, 16 Juli 2019.  Menteri Hukum & HAM Yasonna Laoly hadir dan membuka seminar tersebut.

Yasonna Laoly sangat mengapresiasi FIHRRST dalam melakukan studi pemeringkatan terhadap 100 perusahaan publik.  Ini adalah sebuah langkah awal yang diharapkan dapat berlangsung tiap tahun oleh perusahaan untuk memajukan dan penghormatan HAM.

Saat ini, kata dia,  Kemenkumham sedang menyusun MoU dengan FIHRRST dalam konteks bisnis dan HAM. 

Ia berharap hasil studi ini dapat disinergikan dengan program pemerintah, untuk menggapai pertumbuhan ekonomi yang mensejahterakan rakyat.

Berita Terbaru