Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhan Batu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Alat Pengukur ISPU Palangka Raya Tidak Berfungsi

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 17 Juli 2019 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Alat deteksi untuk mengkur Indeks Standar Pencemaran Udara atau ISPU di Kota Palangka Raya kembali tidak dapat berfungsi.

Rusaknya alat milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau Kemen LHK ini mengakibatkan pendeteksian kualitas udara tidak bisa menunjukan data valid.

“Alat itu perlu mendapatkan perawatan secara rutin,” sebut Kepala UPT Laboratorium Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya, Bowo Budiarso, Rabu 17 Juli 2019.

Ia menegaskan, alat pengukur ISPU tersebut merupakan wewenang kementerian pusat, baik dari segi hardware hingga software aplikasi untuk mengolah data udara. 

“Kami pihak DLH hanya sebagai pihak penyedia aset lokasi untuk penempatan alat ukut tersebut. Semuanya secara hirarki masih kewenangan kementerian,” terangnya.

Bowo mengatakan, alat deteksi udara tersebut saat ini terpasang di Kantor Kecamatan Jekan Raya, semuanya langsung terkoneksi dengan output ISPU yang berada di Bundaran Besar Palangka Raya. (HERMAWAN DP/B-2)

Berita Terbaru