Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gowa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejumlah Calon Independen Konsultasi Ke KPU Kotim Terkait Pilkada 2020 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 17 Juli 2019 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi Pemilihan Umum Kotawaringin Timur (KPU Kotim) Siti Fathonah mengungkapkan, saat ini sudah ada yang berencana maju pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 2020, bahkan mereka sudah berkonsultasi kepada pihaknya. 

"Semua yang konsultasi kepada kami merupakan calon yang akan maju melalui jalur independen," ujar Fathonah, kepada wartawan, Rabu, 17 Juli 2019.

Meskipun melakukan konsultasi, pihaknya tidak bisa memberikan informasi banyak. Karena hingga saat ini belum ada aturan baru yang akan digunakan pada Pilkada 2020 tersebut. Namun untuk persiapan sementara, mereka hanya memberikan informasi terkait aturan lama. 

"Saat ini kami tidak memberikan banyak informasi, karena masih menunggu aturan baru yang akan keluar pada September nantinya," kata Fathonah. 

Sedangkan sementara ini pihaknya hanya memberikan informasi aturan lama yakni terkait dengan penjaringan dukungan KTP masyarakat untuk calon bupati independen. Yakni 8,5% dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Kotim yang saat ini berjumlah 274.189 orang. Dengan sebaran minimal di 9 kecamatan. 

"Itu hanya informasi sementara, karena kami juga masih menunggu aturan baru terkait dengan Pilkada 2020 mendatang," terang Fathonah. 

Sementara, pada Rabu, 17 Juli 2019, salah seorang yang menyatakan mencalonkan diri pada Pilkada Kotim 2020 mendatang yakni Yoyo Sugeng Triyogo berkonsultasi ke KPU Kotim.

Ia berkonsultasi terkait dengan persyaratan pencalonan Bupati Kotim melalui jalur independen. (MUHAMMAD HAMIM/B-2) 

Berita Terbaru