Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Akan Desain Ulang Motif Batik Khas Daerah 

  • Oleh Norhasanah
  • 17 Juli 2019 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Motif batik yang meraih juara pertama pada lomba sayembara batik khas Sukamara yang digelar pemerintah daerah setempat beberapa waktu lalu akan didesain ulang (redesain).

Redesain dilakukan sesuai dengan masukan yang diterima sehingga rencananya akan dilakukan penambahan beberapa motif gambar seperti gambar bunga lucung dalam desain yang sudah ada.

"Memang ada beberapa saran dan masukan terhadap motif batik khas Sukamara yang sudah ada ini yakni dengan menambah beberapa gambar motif dalam desain tersebut," ucap Wakil Bupati Sukamara H Ahmadi, Rabu, 17 Juli 2019.

Menurut Ahmadi, ditambahkannya bunga luncung  dalam desain batik Sukamara karena tanaman tersebut merupakan tumbuhan khas daerah, sehingga perlu dilestarikan melalui motif batik.

"Yang sudah ada dalam motif adalah tumbuhan cawan kara, maka nanti ditambah bunga lucung yang memang akan menjadi ikon daerah Sukamara," ujar Ahmadi.

Sebelumnya, desain batik tersebut sudah digunakan sebagai seragam kafilah Sukamara dalam kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat provinsi Kalimantan Tengah. 

Penggunaan motif batik untuk seragam kafilah tersebut bertujuan untuk melihat dan mengetahui kesesuaian desain batik tersebut apabila dibuat seragam. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru