Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Besok BPBD Kalteng Temui Pihak Ketiga Bahas Helikopter Bomber

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 17 Juli 2019 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Plt Kepala BPBD dan Damkar Kalteng, Mofit Saptono Subagio mengatakan pihaknya akan melakukan pertemuan dengan pihak ketiga untuk penyediaan helikopter pengebom air.

“Kemarin saya terima pesan whatsapp dari BNPB terkait perintah kepada pihak ketiga untuk mem-BKO-kan (memperbantukan) helikopter. Namun kami belum bertemu dengan pihak ketiga itu. Mungkin hari Kamis pihak ketiga ini datang,” kata Mofit, Rabu, 17 Juli 2019.

Tapi menurutnya, helikopter tidak harus selalu digunakan. Selama akses darat masih bisa dilakukan untuk pemadaman kebakaran hutan dan lahan.

“Namun jika sudah sampai masuk jauh ke hutan, jelas kami perlu menggunakan helikopter untuk melakukan pemadaman api,” terang Mofit.

Bahkan, lanjut dia, laporan di lapangan supervisor pusat pengendalian operasi (Pusdalop) tim masih bisa merangsek masuk melewati semak-semak sampai 600 meter dari jalan. 

“Mereka mencoba merangsek masuk ke semak semak sembari menarik selang mencari titik-titik sumber air yang bisa digunakan untuk melakukan pemadaman,” ucapnya. (HERMAWAN DP/B-2)

Berita Terbaru