Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. OKU Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPKP Gunung Mas Ingatkan Kios Daging Harus Higiene

  • Oleh Magang 1
  • 18 Juli 2019 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Gunung Mas mengingatkan kios daging di wilayah itu agar memperhatikan higiene.

Kepala DPKP Kabupaten Gunung Mas, Kardinal melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Yuliana Elisabeth mengatakan, higiene adalah seluruh kondisi atau tindakan untuk meningkatkan kesehatan.

“Di kios daging, prinsip praktik higiene adalah higiene personal, higiene peralatan, dan kelayakan bangunan,” ujarnya saat dibincangi di ruang kerjanya, Kamis, 18 Juli 2019.

Higiene personal artinya pedagang harus menghindari kebiasaan buruk yang dapat mencemari daging, seperti merokok, meludah, bersin dan batuk.

Selain itu hindari memakai perhiasan berlebihan, rabut tidak rapi untuk perempuan, dan rambut panjang untuk pria, memegang wajah, rambut, hidung dan telinga saat menangani daging.

Higiene peralatan, lanjut dia, diantaranya adalah peralatan yang bersentuhan dengan daging dan jeroan tidak boleh terbuat dari kayu. Fasilitas pencucian peralatan harus dalam kondisi bersih.

Lalu terdapat tempat cuci tangan yang dilengkapi dengan antiseptik, dan peralatan daging tidak mudah pecah atau patah, tidak beracun dan mudah dibersihkan.

Sedangkan higiene bangunan diantaranya lokasi kios daging dekat dengan pintu keluar agar pembelian daging oleh konsumen dilakukan pada akhir belanja.

Lalu memiliki sumber penerangan dan pasokan air bersih yang cukup, alas daging tidak kedap air, tidak berkarat, tidak beracun dan mudah dibersihkan, lampu memiliki pelindung dan mudah dibersihkan.

Sirkulasi udara lancar, langit-langit kios minimal ketinggian dua meter, tidak kedap air, tidak mudah berkarat dan mengelupas, serta mudah dibersihkan.

“Selain itu juga harus terdapat tempat sampah dan pembuangan limbah cair yang didesain agar aliran lancar,” ucap Yuliana. (MAGANG 1/B-5)

 


TAGS:

Berita Terbaru