Software Monitoring dan Evaluasi Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satgas Karhutla Masih Berjibaku Padamkan Kebakaran Lahan di Mentaya Hilir Utara

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 18 Juli 2019 - 15:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Satuan Tugas  Kebakaran Hutan dan Lahan atau Satgas Karhutla Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) saat ini masih berupaya memadamkan kebakaran lahan di Desa Bagendang, Kecamatan Mentaya Hilir Utara. 

"Hingga saat ini sudah tiga kali kami memadamkan kebakaran lahan di daerah tersebut, namun belum berhasil tuntas," ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim Yephi Hartady, Kamis, 18 Juli 2019. 

Pemadaman kebakaran lahan di daerah tersebut sulit dilakukan oleh pihaknya. Hal itu terjadi karena lokasi titik kebakaran sangat sulit dijangkau dan tidak bisa menggunakan kendaraan baik roda empat maupun roda dua. 

"Dari jalan raya, kami harus dua kilo meter masuk menggunakan mobil. Setelah itu, menggunakan motor lagi sepanjang satu kilo meter, baru jalan kaki lebih dari satu kilo meter," kata Yephi. 

Dengan keadaan tersebut, pihaknya tidak bisa bekerja maksimal. Apalagi di lokasi titik api ketersediaan air sangat terbatas, dan juga angin sangat kencang di lokasi tersebut. 

Hal itupun sangat mengganggu pemadaman yang kami lakukan. Karena sebagian lahan yang sudah dipadamkan bisa kembali terbakar akibat angin kencang tersebut. 

"Anginnya cukup kencang disana, sehingga lahan yang sudah dipadamkan terkadang hidup kembali," terang Yephi. 

Meskipun begitu, pihaknya saat ini terus berupaya melakukan pemadaman. Dengan harapan agar kebakaran lahan di daerah tersebut tidak terus menjalar lebih besar lagi. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru