Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Holtikultura dan Perkebunan Sumbang 90 Persen Ekspor

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 18 Juli 2019 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman menyatakan, nilai ekspor sektor holtikultura dan perkebunan mencapai 90 persen dari total ekspor Indonesia.

”Seperti yang kita tahu ekspor di Indonesia didominasi oleh perkebunan dan holtikultura dengan presentase sekitar 90 persen,” tutur Andi Amran di Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kamis, 18 Juli 2019.

Ia berharap kedepannya Kalimantan Tengah bisa menjadi provinsi eksportir dan lumbung perkebunan holtikultura dan pangan Indonesia.

“Insyallah ini bisa kita wujudkan karena kita mengingat dulu, empat tahun lalu nilai ekspor kita hanya 33 juta ton. Alhamdulillah pada tahun 2018 meningkat menjadi 42 juta ton,” sebut Andi Amran.

Ia menegaskan kenaikan ekspor tersebut mencatatkan nilai peningkatan sebesar Rp 352 triliun. Apalagi dengan tren positif angka tersebut akan terus berkembang. 

“Ke depan yang kami harapkan adalah kesejahtraan. Bagaimana caranya agar petani bisa sejahtera dan bagaimana cara meningkatkan nilai ekspor,” sebut dia.

Andi yakin jika negara ingin maju maka harus didorong nilai ekspor dan investasi. Semua itu merupakan syarat utama memajukan pertumbuhan ekonomi Indonesia. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru