Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gorontalo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini 10 Komoditas Holtikultura Ekspor Primadona Dunia

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 18 Juli 2019 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Kementerian Pertanian Republik Indonesia mencatat ada sekitar 10 komoditas perkebunan dan holtikultura yang menjadi primadona dunia.

Komoditas utama adalah kopi, yang disusul oleh kakao, kemudian lada, cengkeh, pala, karet, kelapa dalam, tebu, teh, dan terakhir jambu mete.

“Mendorong pengembangan semua ini kami dari Kementerian memprioritaskan produksi bibit unggul. Terutama komoditas yang memiliki pasar potensial ini,” kata Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman di Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kamis, 18 Juli 2019.

Bahkan, lanjut dia, saat ini kakao dari Indonesia masuk peringkat tiga di dunia. Ia yakin jika ke depan produktivitasnya berhasil dinaikan maka bisa meraih peringkat satu dunia.

“Kami lihat di Kalimantan Tengah kakao ini cocok, selain itu kelapa dalam dan kopi juga berpotensi untuk bisa kami dorong,” sebut dia.

Andi berharap melalui pengembangan beberapa komoditas tersebut, pertumbuhan ekonomi di sektor pertanian bisa melejit sampai angka 3,5%. (HERMAWAN DP/B-2)

Berita Terbaru