Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Humbang Hasundutan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perkebunan Kalteng Harus Penuhi Skala Industri

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 18 Juli 2019 - 18:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kementerian Pertanian Republik Indonesia menekankan pentingnya pemenuhan skala ekonomi industri produk ekspor untuk mendorong pendirian pabrik.

“Semua penyebaran komoditas harus memenuhi skala ekonomi agar pabriknya dibangun di Kalimantan Tengah,” kata Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman di Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kamis, 18 Juli 2019.

Ia mencontohkan seperti komoditas kakao yang merupakan bahan dasar untuk pembuatan coklat. Jika ingin pabriknya di bangun di Kalimantan Tengah maka harus memenuhi satu skala industri.

“Satu skala di sini misalnya kebutuhan untuk industri adalah 1000 hektare, maka harus terpenuhi untuk menyuplai industri tersebut agar berjalan,” terang Andi. 

Ia yakin bedirinya pabrik juga menyerap lapangan pekerjaan. Terutama untuk masyarakat di sekitar kawasan industri tersebut didirikan.

“Targetnya terbuka lapangan pekerjaan sampai 9,5 juta orang. Kami ingin dalam 5 tahun ke depan Kalteng bisa memiliki pabrik coklat. Sehingga yang keluar dari sini nantinya berupa barang jadi seperti visi bapak presiden,” tandasnya. (HERMAWAN DP/B-2)

Berita Terbaru