Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seram Bagian Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Harus Memiliki Saham di Industri Pertanian

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 18 Juli 2019 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meminta petani untuk bisa menjadi petani modern dengan kepemilikan saham di industri pertanian.

“Ke depan jika memang produksi holtikultura dan perkebunan memenuhi standar produksi akan mendorong pendirian pabrik,” kata Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman di Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kamis, 18 Juli 2019.

Ia berharap, petani ikut andil di sana melalui koperasi yang dibangun dan dikorporasikan agar petani memiliki saham di industri untuk mewujudkan kesejahteraan pertanian modern.

“Intinya bagaimana cara petani melakukan hilirisasi. Jangan lagi semua konglomerat. Koperasi dioperasikan kemudian perbankan juga ikut membantu,” ucapnya.

Hal ini, lanjut dia, sejalan dengan program pembuatan bibit unggul yang diharapkan akan mencukupi skala ekonomi. Setelah rentang waktu 3 sampai 5 tahun kemudian atau 3 tahun akan panen.

“Sebelum panen ini bisa dibangun industri untuk memproses barang tersebut. Terutama untuk kakao dengan mente, ini juga akan menyerap tenaga kerja,” tandasnya. (HERMAWAN DP/B-2)

Berita Terbaru