Bupati Hendra Lesmana Sambut Baik Bursa Inovasi Desa

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 18 Juli 2019 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana menyambut baik Bursa Inovasi Desa yang dilaksanakan oleh tim pelaksana Inovasi Desa Kecamatan Sematu Jaya dan Bulik, Kamis, 18 Juli 2019.

Saat membuka kegiatan Bursa Inovasi Desa yang bertempat di Aula kantor Kecamatan Bulik, Bupati Hendra mengatakan, Program Inovasi Desa (PID) adalah salah satu bentuk dukungan dan pendampingan pemerintah kepada desa.

Pendampingan itu agar desa lebih efektif dalam menyusun penggunaan dana desa sebagai investasi jangka panjang dalam peningkatan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

"Bursa Inovasi Desa merupakan ajang pertukaran pengetahuan serta sebagai langkah penyebarluasan kegiatan inovatif bagi masyarakat dan desa. Artinya, melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada desa-desa untuk dapat menjadi inventor sekaligus trendsetter perangkat-perangkat multiguna dalam perkembangan di era globalisasi" katanya.

Bupati Hendra Lesmana juga menyebut, Bursa Inovasi Desa dirancang untuk mendorong dan memfasilitasi penguatan kapasitas desa yang berorientasikan untuk memenuhi pencapaian target melalui peningkatan produktivitas perdesaan.

"Pada dasarnya, peningkatan produktivitas desa bertumpu pada beberapa faktor, mulai pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, peningkatan kualitas SDM serta pemenuhan dan peningkatan infrastruktur perdesaan," jelas dia.

Bupati menegaskan para kepala desa agar melaksanakan replikasi kegiatan inovatif pada Bursa Inovasi desa tersebut.

"Lakukanlah pembahasan bersama ketua BPD untuk mendapatkan kesepakatan dari musyawarah desa melalui perencanaan reguler, serta mempersiapkan agenda penyelarasan RPJMD dengan RPJMdes agar proses pembangunan dapat bersinergi, terencana, terarah dan terukur dengan baik," tukas Hendra.  (HENDI NURFALAH/B-2)

Berita Terbaru