Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BUN500 Kalteng, Bibit Kakao Paling Diminati

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 18 Juli 2019 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Kepala Bagian Pembibitan Benih Unggul Perkebunan (BUN) 500, Suhartono mengatakan, selama ini bibit kakao merupakan komoditas yang paling diminati petani.

“Kakao memang paling mudah pemasarannya. Biasanya petani dari Muara Teweh dan Buntok datang langsung ke sini,” sebut Suhartono di Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kamis, 18 Juli 2019.

Ia menegaskan, untuk proyek bantuan pemerintah seperti BUN 500 tidak ada menemui kendala. Ia mencatatkan sudah lebih dari satu juta bibit dikirimkan untuk petani.

“Totalnya sudah lebih dari satu juta bibit kami kirim. Andalan memang kopi dan kakao. Bibitnya ini dari Jawa dan bersertifikat,” tutur Suhartono.

Ia menerangkan untuk luasan kawasan pembibitan, pihaknya menggunakan lahan sekitar 12 hektare. Luasan tersebut mampu menampung dan memproses sampai dengan dua juta bibit.

“Di sini kami mempekerjakan 25 orang hampir semuanya warga lokal. Hanya satu orang teknisi perawatan yang dari luar. Selain di Kecamatan Bukit Batu ini kami juga ada cabang di Kota Sampit, tepatnya di km 24,” tandasnya. (HERMAWAN DP/B-2)

Berita Terbaru