Luas Kebakaran Lahan di Kecamatan Mentaya Hilir Utara Capai 70 Hektare

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 18 Juli 2019 - 20:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Luas kebakaran lahan gambut di Desa Bagendang, Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), mencapai 70 hektare. Saat ini masih dalam penanganan tim satgas karhutla.

"Sudah kami upayakan pemadaman selama tiga hari," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kotim, Yephi Hartady, Kamis, 18 Juli 2019. 

Dari luasan lahan terbakar tersebut, yang baru dipadamkan sekitar 15 hektare. Sisanya masih dalam upaya pemadaman. Apalagi, lokasi titik kebakaran sulit dijangkau.

Sejumlah kendala dialami petugas saat berupaya memadamkan kebakaran lahan di daerah tersebut. Yakni, lokasi yang jauh dari jalan utama, hingga keterbatasan air di sekitar lokasi titik api.

"Mulai dari lokasi yang sulit dijangkau, ketersediaan air terbatas, bahkan angin kencang juga menjadi kendala kami dalam pemadaman," terang Yephi.

Pihaknya saat ini masih terus berupaya melakukan pemadaman. Sambil menunggu adanya water bombing. Agar api di lahan yang luas tersebut bisa cepat padam. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru