Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tanjung Balai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Gunung Mas Belajar Pengembangan Jagung di Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 18 Juli 2019 - 21:26 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Jajaran Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, melaksanakan kunjungan kerja ke Barito Utara, Kamis, 18 Juli 2019. Kunjungan kerja itu, untuk melihat secara langsung pengembangan pertanian tanaman jagung di Barito Utara.

Rombongan Pemkab Gumas langsung dipimpin Wakil Bupati, Efrensia L P Umbing, didampingi kadis pertanian dan lainnya.

“Mereka juga meminta informasi terkait sistem pembinaan di Barito Utara, terutama dalam pengembangan pertanian jagung. Terutama pola pengembangan agar bisa mencapai 32 ribu hektare," kata Kepala Dinas Pertanian Barito Utara, Setia Budi.

Dia mengatakan, selama ini, Dinas Pertanian Barito Utara terus mengarahkan kepada kelompok tani termasuk di dalamnya kelompok Unit Pengelola Jasa Alsintan (UPJA).

"Jadi semua alat berada di UPJA. Kemudian UPJA ini akan mendistribusikan ke kelompok tani untuk pemakaiannya sesuai dengan jadwal dan kebutuhan," ucapnya.

Adapun bantuan pemerintah selama ini yang signifikan seperti arahan Bupati Barito Utara, yakni membangun jalan usaha tani (JUT). Karena itu memengaruhi pengangkutan hasil produksi.

"JUT inilah yang terus kita bangun dan kita dukung. Seperti melalui 6 unit excavator dan 1 unit bulldozer. Termasuk pembangunan embungnya untuk ketersediaan air," katanya.

Sementara itu, selain melihat-lihat pertanian jagung, rombongan Pemkab Gunung Mas juga mengunjungi peternakan sapi sistem koloni dan vertical corn dryer atau mesin pengering jagung dengan kapasitas 6 ton/jam.(RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru