Dinas Tenaga Kerja Diminta Perketat Pengawasan Perusahaan

  • Oleh Ramadani
  • 18 Juli 2019 - 22:56 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Anggota DPRD Barito Utara, Surianor mengharapkan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM (Disnakertranskop dan UKM) Barito Utara, untuk memerketat pengawasan terhadap seluruh perusahaan di daerah ini.

Surainor, mengatakan, banyak permasalahan yang terjadi antara perusahaaan dengan karyawan maupun masyarakat. Sebagian ada yang dilaporkan ke DPRD Barito Utara. 

“Contohnya, permasalahan PHK oleh pihak perusahaan terhadap karyawannya. Ini sering terjadi. Karena merasa tidak ada keadilan, karyawan mendatangi dewan untuk mediasi,” kata Surianor.

Seharusnya, hal tersebut tidak perlu terjadi kalau perusahaan punya manajemen yang profesional. Sehingga, permasalahan karyawan seakan segalanya menjadi beban pemerintahan.

Surianor mengungkapkan, untuk persoalan ketenagakerjaan di perusahaan, agar ada laporan secara rutin ke dinas. Di antaranya, perkembangan jumlah tenaga kerja.

Belum lagi laporan jaminan kesehatan atau kesejahteraan tiap perusahaan. DPRD belum menerima laporan dan kalaupun ada, dan baru terkuak setelah ada masalah antara manajemen dengan karyawan yang dibawa ke DPRD.

"Harusnya dengan banyaknya keberadaan perusahaan di daerah kita bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, memberikan kesejahteraan bagi karyawannya bukan malam memberikan masalah," kata Surianor. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru