Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sekadau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penggunaan Dana Desa Jangan Terkesan Mubadzir

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 18 Juli 2019 - 23:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas, meminta pemerintahan desa untuk selektif dalam penggunaan Dana Desa. Tujuannya, agar bermanfaat bagi masyarakat, sehingga tidak ada kesan program pembangunan desa yang mubadzir.

Dia menjelaskan, mubadzir dalam artian pemanfaatan dan penggunaannya  kurang maksimal. Seperti poskamling, yang hanya digunakan untuk sesaat.

"Kita berharap dana desa yang digelontorkan itu untuk kepentingan masyarakat. Seperti pembuatan titian atau jembatan tani, jelas manfaatnya. Artinya, bangunan benar-benar dirasakan masyarakat banyak," kata Ampera AY Mebas, Kamis, 18 Juli 2019

Selain itu, dalam setiap program yang dijalankan juga harus bermanfaat bagi masyarakat desa. Sehingga program bisa diterima, apalagi untuk kesejahteraan masyarakat.

"Program yang dilaksanakan melalui Dana Desa harus dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. Jangan hanya dirasakan segelintir orang tertentu saja," imbuhnya.

Dia ingin, program melalui Dana Desa agar tepat sasaran, tepat pemanfaatannya, serta dapat memberikan nilai tambah terhadap roda perekonomian masyarakat.

"Harus mampu berinovasi dalam mengembangkan potensi desa yang dapat menjadi sumber pendapatan desa, dan meningkatan ekonomi kerakayatan," pungkasnya. (PRASOJO/B-11)

Berita Terbaru