Gubernur Tegaskan Kalimantan Tengah Sangat Pantas Jadi Ibu Kota Negara

  • Oleh Budi Yulianto
  • 19 Juli 2019 - 11:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran menegaskan bahwa daerah ini sangat pantas ditetapkan sebagai ibu kota negara. Hal itu ditegaskannya pada dialog yang melibatkan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Jumat, 19 Juli 2019. 

"Kalteng itu sangat pantas. Lahannya luas, penduduk kurang dan masyarakat Kalteng terbuka," ucap Gubernur Kalteng pada dialog yang digelar di Palangka Raya itu.

Di sisi lain, dia juga menyampaikan bahwa lahan gambut di Kalteng dapat dikelola dengan baik. Salah satu contoh yakni adanya penanaman pohon sengon yang dapat tumbuh dengan subur. 

"Kemudian, buah naga juga tumbuh dengan baik. Padi organik juga bagus. Bahkan Kalteng surplus padi di lahan gambut yaitu di Kapuas dan Pulpis. Jadi lahan gambut bisa dikelola dengan baik," katanya.

Gubernur Kalteng sebagai pembicara utama dengan materi kesiapan Kalteng sebagai salah satu calon lokasi pemindahan ibu kota negara. 

Kemudian, Deputi Bappenas Bidang Pengembangan Regional, Rudy S Prawiradinata, yang memaparkan terkait hasil kajian pemindahan ibu kota negara.

Selanjutnya, ada Ketua Dewan Riset Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Sulmin Gumiri, Deputi II Konstruksi Operasi dan Pemeliharaan Badan Restorasi Gambut, Alue Dohong dan Dekan Fisip Universitas Palangka Raya, Kumpiady Widen. (BUDI YULIANTO/B-11/ADV)

Berita Terbaru