Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengembangan Kerajinan Sukamara Masih Alami Kendala

  • Oleh Norhasanah
  • 19 Juli 2019 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Ketua Dewan Kerajinan Daerah Nasional (Dekranasda) Sukamara, Siti Zulaiha Windu Subagio mengatakan, upaya pengembangan kerajinan tangan di Bumi Gawi Barinjam masih banyak kendala.

"Untuk mengembangkan potensi kerajinan ini kami memang masih menemui beberapa kendala," ucap Siti Zulaiha Windu Subagio, Jumat, 19 Juli 2019.

Menurut Zilaiha, yang perlu dilakukan peningkatan adalah Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga perlu pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman agar hasil kerajinan yang diolah bisa semakin menarik.

"Mungkin salah satu kendalanya adalah SDM nya juga,  kita juga perlu melakukan pelatihan dengan mendatangkan tenaga ahli di bidangnya untuk melatih perajin-perajin kita," ujarnya.

Ketua Deskranasda Sukamara menambahkan, untuk saat ini, pembuatan kerajinan yang dihasilkan oleh perajin Kabupaten Sukamara masih dengan sistem manual.

"Potensi kerajinan unggulan yang kita lihat saat ini adalah kerang. Kerajinan kerang ini sudah pernah kami kirim untuk peresmian galerinya Dekranasda provinsi," katanya.

Zulaiha melanjutkan, selain kerang, perajin anyaman rotan dan purun juga akan dikembangkan sehingga potensi-potensi yang ada bisa semakin tumbuh dan dipasarkan secara luas. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru