Dekranasda bakal Berpartisipasi pada Sukamara Fair 2019

  • Oleh Norhasanah
  • 19 Juli 2019 - 13:22 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dewan Kerajinan Daerah Nasional (Dekranasda) Kabupaten Sukamara akan berptatisipasi pada Sukamara Fair 2019.

Dalam pameran itu, Dekranasda akan menampilkan karya hasil perajin lokal.

"Saya sudah mengarahkan keanggota. Untuk Sukamara Fair, Dekranasda membuka satu stan," ujar Ketua Deskranasda Sukamara Siti Zulaiha Windu Subagio, Jumat, 19 Juli 2019.

Dalam stan tersebut, Dekranasda akan menampilkan dan memperkenalkan kepada masyarakar hasil kerajinan yang diolah para perajin Sukamara.

"Kita akan tampung semua hasil olahan perajin yang bisa kita pasarkan di acara Sukamara Fair. Meski nantinya belum maksimal, setidaknya sudah ada kerajinan daerah kita yang tampilkan," tuturnya.

Siti Zulaiha mengakui, saat ini memang belum ada wadah untuk pemasaran hasil karya perajin lokal. Karenanya, melalui pameran nanti, Dekranasda berupaya mempromosikan kerajinan tersebut.

"Untuk masalah ini, kita juga meminta kepada Disperindak untuk memfasilitasi kami anggaran, termasuk pembinaan-pembinaan," ujarnya.

Siti Zulaiha menambahkan, saat ini, pembuatan kerajinan di Kabupaten Sukamara masih menggunakan sistem manual.

"Potensi kerajinan unggulan yang kita lihat saat ini adalah kerang. Di mana kerajinan kerang ini sudah pernah kita kirim untuk peresmian galeri Dekranasda provinsi," katanya. (NORHASANAH/B-3)

Berita Terbaru