Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Harapkan Kalteng Segera Ditetapkan Jadi Ibu Kota Negara 

  • Oleh Budi Yulianto
  • 19 Juli 2019 - 15:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengharapkan Kalteng segera ditetapkan sebagai ibu kota negara. 

Menurutnya, selain didukung dengan luas lahan, penduduk kurang dan masyarakat terbuka, Kalimantan Tengah juga memiliki historis yang tidak akan pernah terlupakan.

Historis tersebut yakni peletakan tiang pancang pembangunan Kota Palangka Raya oleh Presiden Republik Indonesia pertama, Ir Soekarno pada 17 Juli 1957.

Satu bulan kemudian atau tepatnya 17 Agustus 1957, Presiden Soekarno melalui pernyataan resmi menyatakan agar Palangka Raya menjadi modal dan model ibu kota negara yang baru dan modern.

Presiden Soekarno kemudian menyusun dasar-dasar kota administrasi provinsi dengan pilot projeknya adalah Palangka Raya sebagai pusat pemerintahan dan pertahanan militer udara.

"Kalau saya sebetulnya segera  ditetapkan. Karena Kalteng punya historis. Ir Soekarno tidak akan sembarangan meletakan tiang pancang," kata gubernur dalam dialog rencana pemindahan ibu kota negara, Jumat, 19 Juli 2019.

"Tanah kita ada, tinggal keseriusan pusat dan jangan ragu," imbuh gubernur. 

Di sisi lain, gubernur mengharapkan keadilan untuk masyarakat Kalteng sebelum ditetapkan pindah. Khususnya dalam hal ekonomi. Kemudian, persoalan masalah sertifikat tanah warga juga harus rampung sebelum pindah. (BUDI YULIANTO/B-5/ADV)

Berita Terbaru