Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pohuwato Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kondisi Sosial Politik Masyarakat Kalteng Siap Hadapi Pemindahan Ibu Kota Pemerintahan RI

  • Oleh Testi Priscilla
  • 19 Juli 2019 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Dekan Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Politik Universitas Palangka Raya Profesor Kumpiady Widen, mengatakan bahwa kondisi sosiologi politik masyarakat Kalimantan Tengah saat ini sudah sangat siap, mumpuni, dan kondusif untuk dijadikan lokasi ibu kota pemerintahan Republik Indonesia yang baru.

Hal ini dikatakan Profesor Kumpiady kepada Borneonews seusai menjadi salah satu narasumber dalam Dialog Nasional Pemindahan Ibu Kota Negara bertajuk Kalimantan untuk Indonesia, di Palangka Raya, Jumat, 19 Juli 2019.

"Masyarakat Suku Dayak ini sejak dahulu sudah terbiasa hidup dan berinteraksi dengan suku maupun agama yang berbeda-beda," kata Kumpiady usai acara yang diselenggarakan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) tersebut.

Menurutnya, banyak pandangan yang mengkhawatirkan masyarakat Suku Dayak akan bernasib sama dengan masyarakat Suku Betawi di Jakarta dulu, saat didaulat menjadi ibu kota RI.

"Saya katakan bahwa kondisi sosiopolitik Suku Betawi saat itu dengan Suku Dayak saat ini sangatlah berbeda. Dalam menghadapi dinamika ibu kota pemerintahan RI, masyarakat Betawi dulu masih hidup dengan cara yang sangat tradisional karena Indonesia baru merdeka. Sementara itu, pendidikan dan wawasan Suku Dayak sekarang ini sudah semakin baik. Jadi, sangat siap menghadapi dinamika ibu kota Pemerintahan RI," beber dia.

Dialog Nasional Pemindahan Ibu Kota Negara dengan sub tema Menuju Ibu Kota Masa Depan yang Smart, Green, Beautiful, dan Sustainable tersebut diawali dengan paparan dari Deputi Menteri PPN/Kepala Bappenas Bidang Pengembangan Regional, Rudy S Prawiradinata, dilanjutkan dengan paparan dari Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

Setelah itu dilanjutkan dengan sesi dialog dengan salah satu narasumber Gubernur Sugianto Sabran. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru