Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bappenas Pamerkan Keberhasilan Brasil Pindahkan Ibu Kota Negara

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 19 Juli 2019 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas menekankan pemindahan ibu kota negara memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan wilayah.

Salah satu yang dicontohkan Bappenas adalah keberhasilan pemindahan ibu kota negara Brasil dari ibu kota negara Rio de Janiero ke Brasilia pada 1960.

“Quistorff pada tahun 2015 melakukan estimasi dampak pemindahan ibukota Brazil dari Rio de Janeiro ke Brasilia dan hasilnya luar bisa,” kata Deputi Bappenas Bidang Pengembangan Regional, Rudy S. Prawiradinata di Hotel Luansa, Jumat 19 Juli 2019.

Studi tersebut, lanjut dia, menunjukan bahwa tidak ada kerugian ekonomi yang dialami Rio de Janeiro sebagai ibu kota lama, sedangkan Brasilia mengalami dampak positif.

“Pada 10 tahun awal pascapemindahan ibu kota, pertumbuhan penduduk Brasilia per tahun mencapai 14,4 persen dibandingkan Rio de Janeiro yang hanya 4,2 persen,” lanjut Rudy.

Tak hanya itu, pertumbuhan ekonomi dan penduduk di kedua wilayah itu pun terus mengalami peningkatan. Compound Annual Growth Rate atau CAGR dalam kurun waktu sepuluh tahun di Rio de Janiero tumbuh sebesar 4,2 persen.

Perlu diketahui CAGR adalah salah satu besaran yang digunakan untuk menentukan tingkat pertumbuhan investasi dan bisnis dalam selang beberapa tahun. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru