Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banyuwangi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Tahapan Pembangunan Ibu Kota Negara

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 19 Juli 2019 - 17:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memperkirakan pengembangan ibu kota negara nanti akan tuntas pada tahun 2045.

Pembangunanya akan dimulai pada tahun 2021 dengan pembuatan gedung inti pemerintahan mulai dari pembangunan istana negara dan kantor lembaga negara, baik eksekutif legislatif dan yudikatif.

“Kemudian ada juga dibangun taman budaya dan botanical garden. Semuanya dibangun bertahap mulai dari tahun 2021 sampai tahun 2024," kata Deputi Bappenas Bidang Pengembangan Regional Rudy S Prawiradinata di Hotel Luwansa, Jumat, 19 Juli 2019.

Setelah itu pada 2025 sampai 2029 akan mulai lagi dibangun perumahan ASN, TNI dan Polri. Disusul dengan dimulainya diplomatic compound, fasilitas pendidikan dan kesehatan, universitas, science dan techno park.

"Pada rentang waktu itu juga akan dibangun high tech and clean industries, R &D center, convention center, museum dan shopping mall," terangnya. 

Kemudian pada tahun 2030 sampai 2045 akan mulai berdiri national park, kebun binatang, klaster pemukiman non ASN, bandara serta pelabuhan.

"Setelah itu tinggal menjadikan metropolitan dan pengembangan wilayah provinsi sekitar," tandasnya. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru