Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanah Bumbu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengelolaan Gambut dan Kebakaran Hutan Kalimantan Tengah Jadi Perhatian Bappenas

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 19 Juli 2019 - 21:12 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menegaskan salah satu yang menjadi penilaian di Kalimantan Tengah adalah pengelolaan gambut dan penanggulangan potensi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Kalteng yang perlu diperhatikan adalah pengelolaan gambut dan kebakaran hutan. Ini bisa menjadi masalah,” kata Deputi Bappenas Bidang Pengembangan Regional, Rudy S. Prawiradinata di Palangka Raya, Jumat 19 Juli 2019.

Namun Rudy yakin jika gambut bisa dikelola dengan baik malah akan menjadi kelebihan yang dimiliki oleh Kalimantan Tengah.

“Gambut nanti akan dipikirkan bagaimana mengoptimalkannya sebagai salah satu kekuatan. Sesuai apa yang disampaikan Deputi II Kontruksi, Operasi dan Pemeliharaan Badan Restorasi Gambut, Alue Dohong,” ucapnya.

Dia menegaskan jika kriteria ibu kota negara semua wilayah Kalimantan masuk. Mulai dari Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur.

“Semuanya memiliki kekurangan dan kelebihannya. Tapi yang penting bagaimana kita meminimalisasr kekurangan kekurangan itu,” tandasnya. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru